Ekonomi

Bank Sumut Sosialisasi CMS Kasda SP2D dan Non SP2D

DR Berita
drberita/istimewa
Sosialisasi CMS Kasda SP2D dan Non SP2D
DRberita | Untuk mendukung pengelolaan transaksi pemerintah daerah yang bersifat non tunai, Bank Sumut mensosialisasikan penerapan Cash Management System (CMS) Kasda SP2D dan non SP2D bagi para OPD terutama BPKAD di Kota Pematangsiantar dan Pemko Tebingtinggi.

Sosialisasi dan peluncuran serupa rencananya juga akan dilaksanakan Bank Sumut kepada pemerintah daerah lainnya. Sebelumnya Pemko Tebingtinggi dan Pemko Pematangsiantar dilaksanakan pada 4-6 Desember 2019.

Direktur Pemasaran Bank Sumut Abdi Santosa Ritonga mengatakan peluncuran aplikasi CMS Kasda SP2D dan non SP2D online bagi pemerintah daerah, dimaksudkan untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan perbankan khususnya dalam hal pengelolaan keuangan daerah.

"Tentunya dengan penggunaan aplikasi CMS Kasda ini akan membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah," kata Abdi saat membuka sosialisasi aplikasi CMS Kasda untuk Pemko Tebingtinggi Pemko Pematangsiantar, dalam keterangan persnya diterima wartawan, Minggu 29 Desember 2019.

Hadir dalam acara Walikota Pematangsiantar Hefriansyah dan Walikota Tebingtinggi Umar Zein Hasibuan, Kadiv Dana & Jasa Bank Sumut Ahmad Ferry Affandi dan Pemimpin Cabang Koordinator Pematangsiantar Samuel Surbakti. Acara tersebut diikuti OPD dan BPKAD Kota Tebingtinggi dan Kota Pematangsiantar

Abdi juga menjelaskan bahwa Bank Sumut telah mengembangkan layanan CMS Kasda SP2D Online sejak tahun 2008.

"Saat ini Bank Sumut juga telah mengembangkan sistem aplikasi CMS Kasda online modul penerimaan negara generasi ke 2 khusus untuk Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kota di Sumatera Utara sebagai perwujudan Bank Sumut memberikan pelayanan terbaik sebagai public service bank yang mana aplikasi ini telah dilaunching pada 4 November 2019," kata Abdi.

"Selain itu, Bank Sumut juga telah berhasil mengembangkan sistem online penerimaan kas daerah secara host to host untuk menerima pembayaran pajak atau retribusi daerah dan seluruh penerimaan daerah yang sah sesuai perundang-undangan, termasuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dapat dibayarkan melalui delivery channel Bank (Teller, ATM dan SMS Banking) & Fintech Gopay. Untuk perluasan delivery channel saat ini Bank Sumut sedang menjajaki kerjasama dengan Modern Channel (Indomaret, Alfamart, Alfamidi) dan e-commerce (Tokopedia, Bukalapak) sehingga kedepannya masyarakat akan lebih mudah untuk melakukan pembayaran pajak dan retribusi daerah dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," pungkasnya. (art/drc)


Editor: admin

Sumber: Pers Rilis