Ekonomi

6 Dasawarsa: Bank Sumut Menuju BPD Digital Terdepan

DR Berita
Istimewa

Gubsu Edy Rahmayadi dan jajaran Direksi Bank Sumut

DRberita.com | 4 November 2021, Bank Sumut genap berusia 60 Tahun. Bank milik Pemprovsu ini semakin memantapkan diri menuju era digitalisasi dan menjadi BPD yang terdepan dalam penerapan digital.


Mengambil tema sinergi membangun negeri di era digitalisasi, Bank Sumut siap bertransformasi dalam setiap layanan perbankan dan aktifitas internal operasional perusahaan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan pada acara puncak peringatan HUT ke-60 Bank Sumut di Ballroom Gedung PT. Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan Kamis 4 November 2021.

BACA JUGA:
Dodiet Wira Atmaja DPO Polda Sumut

Hadir pada acara Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Komisaris Utama Independen Brata Kesuma, Komisaris Independen Syaiful Azhar, Komisaris Syahruddin Siregar, Direktur Kepatuhan Eksir, Direktur Pemasaran Hadi Sucipto, Direktur Bisnis Syariah Irwan. Hadir juga seluruh Pemimpin Divisi dan Rukun Wanita PT. Bank Sumut.


Rahmat menjelaskan, dalam rangka meningkatkan layanan dan value produk di era digitalisasi, Bank Sumut telah mengupgrade layanan digital produk dana dan jasanya, di antaranya Sumut Mobile dengan beragam fitur, layanan laku pandai jaringan tanpa kantor Sumut LINK, QR Code, dan Kartu Debit Bank Sumut, tarik tunai di gerai ritel modern, pengajuan Kredit KMG yang kini dapat dilakukan secara online serta beragam fitur lainnya.

Ke depan Bank Sumut juga meningkatkan layanan digital dengan pengembangan pembukaan rekening yang dapat dilakukan melalui smartphone serta berbagai layanan digital lainnya. Selain itu, saat ini jaringan Kantor Bank Sumut telah mencapai 43 kantor cabang, 116 kantor cabang pembantu dan 337 unit ATM.


Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Bank Sumut juga telah mencapi 4.405 karyawan, baik organik maupun tenaga kerja alih daya. Rahmat juga menyampaikan saat ini kinerja keuangan Bank Sumut berjalan on the track, bahkan melebihi target.

Tercatat per Oktober 2021, laba PT. Bank Sumut telah mencapai Rp 506 miliar dan total asset mencapai Rp 41,0 triliun. PT.Bank Sumut juga mendapat anugerah penghargaan di tingkat nasional di antaranya The Best Financial Performance (BPD Aset > Rp 30 T) dan The Best Resilience Bank (BPD Aset > Rp.30 T) dari Majalah Tempo pada 19 Oktober 2021 yang lalu.


Gubernur Edy Rahmayadi yang hadir pada acara puncak peringatan HUT ke-60 Bank Sumut mengatakan Bank Sumut harus tetap fokus untuk menjadi penggerak perekonomian daerah dan mensejahterakan masyarakat. Gubsu juga menyampaikan harapannya agar ke depan laba Bank Sumut mampu menembus Rp 1 triliun


Untuk itu, Gubsu berpesan kepada seluruh manajemen dan karyawan PT. Bank Sumut untuk selalu berbuat yang terbaik bagi perusahaan. Gubsu juga menyampaikan bahwa Bank Sumut harus bisa memberikan layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Di antaranya adalah pengembangan layanan keuangan syariah.


Gubsu menyampaikan potensi pengembangan layanan syariah di Sumatera Utara sangat besar, dan ini yang harus diwujudkan oleh Bank Sumut. Gubsu juga mencontohkan di London, Inggris, penduduk muslim hanya 2%, namun pengguna layanan perbankan syariahnya mencapai 76%.

BACA JUGA:
Kabinda Sumut Naik Getek Seberangi Sungai Untuk Vaksin 2000 Warga di Langkat

Hal tersebut merupakan tantangan bagi perbankan seperti Bank Sumut terlebih mayoritas masyarakat Sumatera Utara juga muslim.

Menyemarakkan HUT ke-60 Bank Sumut pada tahun ini, berbagai rangkaian kegiatan telah diselenggarakan di antaranya berbagi bersama melalui kunjungan ke beberapa panti asuhan, kegiatan donor darah, virtual sport dan berbagai rangkaian acara lainnya.


Pada puncak peringatan HUT ke-60, Bank Sumut juga menyerahkan piagam penghargaan kepada pegawai yang telah bekerja selama 15, 25 dan 30 tahun. Kepada seluruh pegawai, Dirut berpesan untuk terus meningkatkan kinerja secara professional dan integritas tinggi untuk kemajuan Bank Sumut.

Penulis: DR Berita

Editor: Admin