Aksi Massa

PMII Akan Demo Saksi Cekal KPK ke KAD Sumut

DR Berita
Foto: Istimewa

Surat PMII Sumut.

DRberita.com | Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan berunjuk rasa mendukung KPK untuk memastikan status hukum saksi cekal kasus OTT suap Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Kadis PU Isya Ansari ke Kantor Komite Advokasi Daerah (KAD) Antikorupsi Sumatera Utara.


"Iya, hari Senin depan (14/9), di gedung DPRD Sumut dan ke Kantor KAD Antikorupsi Sumut di gedung GPH, Jalan SM. Raja, Medan, aksinya," ujar Ketua PKC PMII Sumut, Azlansyah Hasibuan dikonfirmasi, Kamis 10 September 2020.



Baca Juga :KMPSU Demo Minta Polda Sumut Usut Proyek Gorong-gorong di Palas


Menurut Azlansyah, status cekal yang disandang Akbar Himawan Buchari sampai saat ini belum ada kepastiannya, pascapimpinan KPK berganti dan vonis hukuman yang sudah dijatuhkan ke Dzulmi Eldin dan Isya Ansari.


"Kasihan si Akbar Himawan Buchari, secara psikologis dia tersandra dengan status cekal dari KPK itu, karena hingga kini tidak ada kejelasannya, apakah lanjut atau tidak. Makanya PMII akan menyampaikan aspirasi ini agar jelas status hukumnya," kata Azlansyah.



"Intinya, aksi nanti untuk mempertanyakan status hukum saksi cekal KPK dalam kasus OTT suap Walikota Medan dan Kadis PU, itu saja," tutupnya.


Baca Juga :Proyek Gorong-gorong Dinas BMBK Sumut di Palas Tidak Jelas


Diketahui, selain anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Golkar Akbar Himawan Buchari, KPK juga menetapkan status cekal kepada Farius Fendra alias Makte, dalam kasus OTT suap Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Kadis PU Isya Ansari.



KPK juga telah menggeledah rumah milik Akbar Himawan Buchari di Jalan D.I. Panjaitan No. 142, Medan, selama tiga jam, pada Kamis, 31 Oktober 2019.



art/drb

Penulis: Muhammad Artam

Editor: Gmbrenk