Aksi Massa

MAYDAY 2021: Indonesia Tanpa Korupsi dan Cabut UU Omnibuslaw

DR Berita
Nico Silalahi

Spanduk buruh tutup jalan di Ibukota Jakarta

DRberita.com-JAKARTA | Gerakan Bersama Usut Korupsi (GEBUK) aliansi dari berbagai organisasi serikat pekerja atau buruh memperingati Hari Buruh Sedunia 1 Mei 2021 di Jakarta, dengan mengangkat tema "Indonesia Tanpa Korupsi dan Cabut UU Omnibuslaw".


Tema yang diangkat buruh adalah bentuk dari keprihatinan sebagai anak bangsa yang terpanggil karena semakin maraknya kasus korupsi di Indonesia. Semakin menggurita dan merajalela, serta pemberlakuan UU Omnibuslaw saat ini diyakini tidak akan membuat kondisi perekonomian bangsa Indonesia akan semakin baik di tengah wabah pandemi Covid-19, akan tetapi semakin memperburuk nasib kesejahteraan kaum buruh di Indonesia.


BACA JUGA :DPW Jaring Mahali Demo Lelang Proyek APBD Sumut Rp 40 miliar


Kaum kapitalis dan oligarki menurut buruh, memahami betul situasi nasional saat ini, mereka seakan berlomba dengan waktu yang terus menerus gencar melakukan tekanan kepada pemerintah agar membuat regulasi yang hanya pro kepada kepentingan kaum pemodal.



"Mereka mengawali proses pelemahan serikat pekerja dari sisi regulasi atau perundang-undangan, kemudian mereka meminta kepada eksekutif dan yudikatif untuk mengamankan semua perencanaan mereka dengan membungkam kritik keras serikat pekerja," kata buruh.


Halaman :
Penulis: Nico Silalahi

Editor: admin