Aksi Massa

Dugaan Monopoli PBJ Dinas PUPR Deliserdang Digiring ke Polda Sumut

DR Berita
Foto: Istimewa

Massa GAMMSU unjuk rasa depan Mapoldasu.

DRberita.com | Dugaan monpppli Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Deliserdang digiring masuk ke Polda Sumut oleh massa dari Gerakan Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Sumatera Utara (GAMMSU), Kamis 17 September 2020.



Di Mapolda Sumut, massa menuding monopoli yang dilakukan berujung pada dugaan tindak pidana korupsi itu melalui LPSE Pemkab Deliserdang tahun anggaran 2020.



"Tender pengadaan barang dan jasa pada Dinas PUPR Deliserdang tahun anggaran 2020 di LPSE diduga banyak penyimpangan prosedur, korupsi, kolusi dan nepotisme, atau pelanggaran persaingan usaha tidak sehat. Dugaan penyimpangan itu sejak dan saat paket ditayangkan atau diumumkan di LPSE," ungkap Koordinator Aksi Ilham Saputra Siregar dalam orasi.


Baca Juga :Kontak Senjata Dengan OPM, Serka Sahlan Tewas Luka Tembak dan Bacok


"Kami memperoleh informasi bahwa ada indikasi persekongkolan antara Kepala Dinas PUPR Deliserdang dengan penyedia yang dinyatakan lulus oleh pokja, dimana dari sekian banyaknya paket pekerjaan yang ditayangkan di LPSE kebanyakan yang dinyatakan lulus evaluasi dan ditetapkan sebagai pemenang adalah penyedia yang memiliki harga penawaran tertinggi tanpa ada rasa pertimbangan pada asas dan prinsip keteransparan pengadaan barang dan jasa," sambung Koordinator Lapangan Imom Safi'i Siregar.



Dengan kata lain, kata Ilham, Kepala Dinas, PPK, KPA/PA, Pokja diduga telah melakukan penyimpangan untuk meraup keuntungan atau fee dari penyedia yang dimenangkan, sehingga mengakibatkan pemborosan dan pembengkakan pengeluaran APBD Pemkab Deliserdang


"Kami menduga Kadis PUPR Deliserdang memerintahkan oknum PNS berinisial TS sebagai pembagi paket pekerjaan sekaligus sebagai pengutip fee," tegas Ilham.


Beberapa lama berorasi di Mapolda Sumut, massa diterima perwakilan Humas Poldasu Kompol RE. Samosir dan berjanji akan menyelidiki dugaan monopoli lelang PBJ Dinas PUPR Deliserdang.



"Aspirasi saudara-saudara akan kami tindaklanjuti, tapi buatlah laporan resminya ke Polda," ucap Samosir kepada massa aksi GAMMSU yang selanjutnya membubarkan diri dengan aman dan tertib.



art/drb

Penulis: Muhammad Artam

Editor: Gmbrenk